Cara Masuk Ke Safe Mode Xiaomi Redmi Android



Saat terjadi masalah tertentu pada system, salah satu cara mengatasi trouble yang bisa diambil adalah dengan masuk ke safe mode atau mode aman. Smartphone Xiaomi atau Redmi menyediakan fitur untuk masuk ke safe mode.

Mengetahui cara masuk ke safe mode di Xiaomi Redmi yang berbasis Android dapat memberikan Anda solusi ketika terjadi kendala pada system. Caranya pun sangat mudah, Anda tidak perlu memiliki keahlian khusus untuk sekedar bisa masuk ke mode aman di Android.

Apa itu Safe Mode


Safe mode adalah mode aman dimana ketika Anda masuk ke system smartphone Android dengan mode ini, maka system akan dibuka dengan mode terbatas. System Android akan menonaktifkan fungsi tertentu, termasuk aplikasi yang tidak terlalu penting didalam smartphone Anda.

Dengan masuk ke safe mode di Xiaomi Redmi yang noatabene menggunakan OS Android, nantinya Anda dapat mengidentifikasi masalah apa yang menyebabkan smartphone Anda error atau aplikasi apa yang terinfeksi virus sehingga mengganggu kinerja ponsel secara umum.

Fungsi Safe Mode Android


Dari pemapatan diatas, mestinya sekarang Anda sudah paham apa fungsi safe mode di Android atau di semua perangkat berbasis komputer pada umumnya.

Fungsi safe mode Android yaitu smartphone hanya akan menjalankan fungsi dasar yang sifatnya sangat penting. Jika Anda mengaktifkan safe mode di Android, maka semua aplikasi pihak ketiga akan ditiadakan.

Fungsi safe mode di hp adalah memungkinkan Anda untuk melakukan pengecekan apakah terdapat aplikasi tertentu yang menyebabkan masalah pada system Android di smartphone Anda.

Cara Masuk ke Safe Mode Xiaomi Redmi


Redmi sebenarnya merupakan sub-brand dari Xiaomi. Namun, untuk cara masuk ke mode aman ini kemungkinan caranya sedikit berbeda. Nah, dalam artikel ini saya akan menjelaskan kepada Anda cara masuk ke safe mode di Redmi, atau tepatnya Redmi Note 7 dan Redmi Note 7 Pro.

Untuk bisa masuk ke mode aman Redmi Note 7, cara cukup sederhana. Berikut ini yang perlu dilakukan agar Anda bisa masuk ke mode aman di HP Redmi Android.

Metode Pertama


  • Matikan smartphone Xiaomi Redmi Anda.
  • Dalam kondisi HP sudah off, silahkan tekan dan tahan tombol Power + Volume Bawah.
  • Kemudian akan muncul mode safe mode.

Metode Kedua


  • Matikan smartphone Redmi.
  • Silahkan tekan tombol Power.
  • Saat muncul logo Redmi dan dibawahnya terdapat Powered by Android, silahkan tekan tombol Volume Bawah.
  • Jika sudah berhasil masuk ke safe mode, Anda akan melihat keterangan seperti gambar berikut ini.
  • Silahkan cek, apakah HP Redmi Anda bekerja dengan baik. Jika iya, maka itu artinya ada aplikasi yang bermasalah di HP tersebut sehingga terjadi masalah saat dibuka dalam kondisi non-safe mode (mode normal).

Sanga mudah, bukan?

Baca:


Jika dirasa masih kurang jelas, Anda bisa tonton video cara safe mode di Xiaomi Redmi Android berikut ini.

Video Cara Masuk ke Safe Mode Android




Penutup


Jika Anda mendapati smartphone Android Anda bekerja dengan tidak sebagaimana mestinya atau dalam artian lain terjadi error, Anda bisa mencoba akses safe mode terlebih dahulu untuk mengidentifikasi penyebab terjadinya error tersebut.

Baca juga:


Anggap saja ada aplikasi yang crash atau terinfeksi virus, selanjutnya Anda tinggal menghapus aplikasi tersebut, kemudian bersihkan smartphone menggunakan antivirus Android terbaik untuk mengembalikan performa smartphone Redmi Anda seperti sedia kala.


Next Post Previous Post