Cara Flash Android MTK dengan SP Flash Tool



Flashing merupakan solusi untuk perangkat Android yang mengalami permasalahan pada sistem atau perangkat lunak. Untuk melakukan flash Android, Anda dapat menggunakan SP Flash Tool. Software ini dapat Anda gunakan untuk flashing smartphone Android dengan chipset Mediatek (MTK).

SP Flash Tool biasanya digunakan untuk downgrade ataupun upgrade smartphone secara mudah. Bagi Anda yang membutuhkan panduan lebih lanjut, dibawah ini saya akan membagikan tutorial cara flashing Android menggunakan SP Flash Tool.

Dan sebagai catatan, sebelum memulai flashing, sebaiknya pastikan smartphone Anda memiliki sisa baterai antara 50-60%. Tujuannya untuk menghindari kegagalan yang disebabkan smartphone kehabisan baterai saat proses flashing berlangsung.

Software SP Flashtool berfungsi untuk memperbaiki smartphone Anda yang mengalami kerusakan dari sisi perangkat lunak, seperti bootloop, lag, hang maupun kerusakan perangkat lunak lainnya. Selain itu, terdapat juga fitur hard reset yang memungkinkan perangkat Mediatek milik Anda melakukan hard reset atau format data melalui komputer.

Panduan Flashing Smartphone Android dengan SP Flash Tool 


Berikut ini langkah-langkah flashing Android MTK menggunakan SP Flash Tool. Pastikan Anda mengikuti tahapannya dengan benar.

1. Pertama, silakan download SP Flash Tool terbaru lalu Install Android USB driver di PC atau laptop Anda.

2. Selanjutnya, matikan smartphone Anda lalu cabut baterai (jika baterai berjenis removable/bisa dilepas)

3. Kemudian, download Stock Firmware yang ingin Anda gunakan saat flashing lalu ekstrak file tersebut. Anda dapat mencarinya via google mengingat harus menyesuaikan dengan jenis smartphone Anda.

4. Usai di ekstrak, bukalah file flash_tool.exe hingga aplikasi terbuka.

5. Ketika aplikasi terbuka, lanjutkan dengan mengklik tab Download.

6. Pada tampilan tab Download, terdapat form Scatter-loading File, silakan klik Choose di sisi kanannya.

7. Masukkan file Scater yang terdapat pada folder ekstrak Firmware yang telah Anda download.

8. Jika file scater sudah berhasil di input, mulai jalankan flashing dengan mengklik tombol Download.

9. Tiba waktunya untuk menghubungkan smartphone Anda ke komputer menggunakan USB. Segera tekan Volume + atau Volume - di smartphone Anda untuk mempermudah komputer Anda membaca smartphone yang masuk.

10. Silakan Anda tunggu hingga proses flashing selesai. Biasanya ditandai dengan muncul pop up centang lingkaran hijau menandakan proses flashing telah selesai.

11. Tutup aplikasi flashtool kemudian lepas USB driver.

12. Terakhir, coba hidupkan smartphone Anda.

Apabila smartphone Anda berjalan dengan normal, itu artinya flashing smartphone Android dengan SP Flash Tool telah berhasil.

flashing android

Demikian tadi langkah-langkah untuk flashing HP Android menggunakan chipset mtk dengan SP Flash Tool, semoga informasi ini berguna bagi Anda.


Next Post Previous Post