Cara Memperbaiki Lampu Flash Kamera Android Mati



Jelas akan memberikan masalah tersendiri bagi Anda ketika lampu flash kamera di HP Android tidak mau nyala alias mati. Tentu saja, karena dengan kondisi tersebut sudah pasti Anda akan kesulitan memotret di malam hari karena tidak ada cahaya yang cukup untuk dapat menangkap obyek secara sempurna.

Penyebab lampu flash kamera HP Android mati cukup beragam. Dan apapun penyebabnya, yang ingin Anda lakukan sudah pasti adalah untuk memperbaiki permasalahan tersebut agar aktivitas selfie Anda kembali menyenangkan seperti sedia kala. Tenang, Anda bisa mengatasi lampu flash kamera HP Android yang mati dengan mengikuti panduan dalam artikel ini.

Lampu flash kamera Android tidak berfungsi ditandai dengan lampu flash tersebut tidak berkedip saat mengambil gambar, padahal fitur flash pada kamera smartphone tersebut sudah dalam kondisi aktif.

Bagi kalian yang hobi fotografi, tentu masalah pada kamera Android seperti ini merupakan hal yang sangat mengganggu. Bagaimana tidak, tidak bisa diaktifkannya fitur lampu flash pada kamera Android dapat mengurangi kualitas foto yang Anda ambil.

Cara Mengatasi Lampu Flash Kamera Android Mati


Cara Memperbaiki Lampu Flash Kamera Android Mati

Jika Anda mendapati lampu flash kamera Android milik Anda tidak mau nyala, langkah pertama dan yang paling mudah untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan melakukan reboot terlebih dahulu.

Adapun jika setelah reboot lampu flash kamera tetap tidak mau hidup, maka Anda bisa mencoba beberapa langkah perbaikan kamera Android seperti dijelaskan dibawah ini.

Lihat Juga:


Saya akan memberikan masukan bagi Anda untuk mengatasi lampu flash kamera HP Android yang tidak mau diaktifkan. Baiklah, langsung saja saya ulas cara memperbaiki flash kamera tidak menyala atau menyala tapi kurang terang.

1. Cara Memperbaiki Lampu Kamera Flash Android Mati


Langkah Pertama - Masuk ke tampilan kamera, lalu tekan kiri atas (gambar seperti bentuk roda bergerigi, lalu pilih mode adegan, dan jika pilih mode malam, flash akan mati secara otomatis)

Langkah Kedua - Pada mode adegan lain, lampu flash kamera akan aktif. Dan pada lampu flash terdapat 4 mode, yaitu: aktif, mati, otomatis, dan isi cahaya.

  • Aktif: Pada saat mengambil foto, flash akan menyala.
  • Mati: Pada saat mengambil foto. flash tidak akan menyala.
  • Otomatis: Pada saat berada di ruangan yang agak gelap, flash akan aktif secara otomatis.
  • Isi cahaya: Lampu flash akan tetap menyala terus pada saat mengambil foto.

Diatas merupakan langkah pengecekan pada kamera sebagian tipe smartphone Android, mulai vivo, OPPO, Xiaomi, Samsung Galaxy, dll.

Jika setelah melakukan restart smartphone Android Anda masih belum memberikan solusi atau dengan kata lain lampu blitz HP Android milik Anda masih bermasalah, silakan lanjut dengan opsi perbaikan lain seperti dijelaskan dibawah ini.

2. Cara Mengatasi Lampu Flash Kamera Android Error Tidak Mau Nyala


  • Silakan masuk ke menu Pengaturan, lalu buka Manager Aplikasi kemudian pilih tab Berjalan atau Running selanjutnya cari aplikasi kamera di smartphone Anda.
  • Setelah memilih aplikasi kamera, terdapat dua pilihan. Sebelumnya silakan pilih Clear data.
  • Lalu pilih opsi Force Stop.
  • Selanjutnya jalankan kembali aplikasi kamera HP Android seperti biasa.
  • Periksalah, apakah lampu flash kamera Android sudah bisa menyala seperti biasanya.

Jika ternyata langkah perbaikan diatas masih belum memberikan solusi, silakan coba juga cara mengatasi lampu flash HP Android yang mati berikut ini. Anda bisa mencoba opsi perbaikan lampu flash kamera Android dibawah ini pada smartphone Sony atau LG, dan juga merek smartphone Android lainnya.

  • Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menghapus semua aplikasi yang menggunakan led flash, kecuali kamera bawaan HP (Cth: aplikasi Senter)
  • Lalu, buka casing ponsel Anda diikuti dengan melepas baterainya.
  • Coba diamkan sampai sekira 20 menit atau 30 menit.
  • Selanjutnya pasangkan kembali casing beserta baterainya.
  • Kemudian nyalakan kembali HP Anda.
  • Coba periksa aplikasi kamera dan gunakan led flash.

Dan apabila langkah-langkah diatas tetap tidak dapat memperbaiki masalah yang ada, maka terdapat kerusakan pada sektor hardware. Artinya, Anda perlu membawa smartphone Android Anda ke servisan atau ke service center terdekat.

Penutup


Demikian info cara mengatasi lampu flash kamera HP Android tidak mau hidup, semoga informasi ini daat memberikan solusi bagi Anda. Akhir kata, ponsel multi-fungsi seperti Android cukup rentang dengan masalah ketika pola penggunaannya tidak sesuai prosedur, oleh sebab itu, pastikan Anda menggunakannya dengan hati-hari dan tidak sering menjatuhkannya agar tidak mudah rusak.


Next Post Previous Post