Cara Mempercepat Internet Indosat Unlimited (Terbukti Jitu)



Internet Indosat lemot pasti bukan hal baru bagi Anda, khususnya untuk yang mengaktifkan paket unlimited. Saat digunakan untuk browsing masih relatif cepat, tapi yang sangat lelet adalah ketika dipakai untuk streaming.

Jamak diketahui, ada sejumlah hal yang mempengaruhi kecepatan internet. Yang paling signifikan adalah kualitas jaringan. Namun begitu, sekalipun kualitas jaringan bagus tapi bila disaat yang bersamaan terlalu banyak pengguna hingga melebihi kapasitas, maka koneksi internet akan menjadi lambat.

Baca juga: Cara Mengatasi Kartu Indosat Tidak Bisa Internetan

Penyebab internet Indosat lemot berikutnya adalah karena Anda menggunakan paket internet unlimited yang telah mencapai batas pemakaian wajar atau FUP. Jika sudah mencapai FUP, maka kecepatan internet akan diturunkan secara signifikan. Anda tentu merasakan perbedaan speed dari ukuran kecepatan normalnya.

Cara Mempercepat Internet Indosat Unlimited Lemot


Cara Mempercepat Internet Indosat

Untuk mempercepat internet Indosat yang lemot sebenarnya bisa dimulai dari penyebab utamanya, apakah karena Anda menggunakan paket internet unlimited yang telah mencapai FUP, atau karena faktor lain. Jika sudah mengidentifikasi permasalahannya, maka selanjutnya Anda bisa menyiasati atau mencari solusinya.

Berikut diulas cara mempercepat Indosat Unlimited dan koneksi internet Indosat Ooredoo secara umum yang selanjutnya dapat Anda terapkan guna dapat menikmati speed internet yang lebih kencang.

1. Pastikan Signal Bagus


Pastikan Signal Bagus

Cepat dan lambatnya koneksi internet ditentukan oleh kekuatan signal yang ditangkap smartphone Anda. Apapun kondisinya, jika signal di HP lemah, maka internet pasti akan berjalan relatif lambat.

Kekuatan signal sendiri dipengaruhi berbagai faktor, mulai kualitas jaringan operator, kualitas perangkat penangkap signal yang ada di ponsel, jarak antara lokasi Anda dengan BTS, dan juga cuaca.

Baca juga: Kode Dial Kuota Gratis Indosat 2020 No Hoax

Agar smartphone Anda cenderung bisa menangkap signal secara maksimal, temukan titik terbaik disekitar kediaman Anda yang memiliki pancaran signal paling kuat. Silahkan coba pindahkan ponsel Anda dari satu titik ke titik lainnya, dan pilih titik yang paling kuat signalnya.

2. Hilangkan FUP


Hilangkan FUP

Jika Anda membeli paket internet unlimited yang didalamnya berlaku ketentuan batas penggunaan wajar, maka saat Anda telah mencapai FUP tersebut kecepatan internet akan mengalami penurunan yang sangat signifikan.

Tentu, untuk bisa mendapatkan speed internet yang normal Anda harus menghilangkan FUP Indosat tersebut. Untuk mengatasi FUP Indosat Unlimited YouTube, silahkan baca artikel Cara Mengatasi FUP Indosat agar tidak lemot.

3. Gunakan APN 4G Indosat Tercepat


Gunakan APN 4G Indosat Tercepat

Config APN (Access Point Names) yang tepat dapat meningkatkan kecepatan internet Indosat. Jadi, opsi ini pun perlu Anda coba terapkan di smartphone Android milik Anda.

APN adalah ibarat sebuah gerbang. APN itu menjembatani antara operator dengan perangkat (HP) Anda. Karena di smartphone itu ada konfigurasi APN, maka smartphone tersebut dapat digunakan untuk membuka internet. Jika tidak, maka smartphone tersebut tidak akan bisa mengakses internet.

Buatlah APN Baru di smartphone Anda yang berpotensi memberikan speed lebih kenceng. Selengkapnya bisa disimak dalam postingan Cara Setting APN 4G Tercepat.

4. Aktifkan Airplane Mode


Aktifkan Airplane Mode

Mematikan airplane mode atau mode pesawat di HP dianggap sebagai trik klasik, tapi metode ini secara teori memang bisa membantu.

Saat Anda mendapati signal tidak stabil (muncul-hilang), cobalah untuk menghidupkan airplane mode, lalu matikan kembali. Langkah ini bertujuan untuk me-refresh jaringan agar kembali normal, tentu saja dengan catatan memang tidak sedang terjadi trouble jaringan.

5. Aktifkan Mode Jaringan 4G


Aktifkan Mode Jaringan 4G

Seperti yang biasa Anda lihat, setiap smartphone dibekali fitur untuk memilih mode jaringan. Didalamnya terdapat mode jaringan GSM 2G, 3G, dan 4G LTE. Masing-masing tipe jaringan ini memiliki ukuran kecepatan yang berbeda, dan jaringan 4G adalah jawaranya.

Rekomendasi: Kode Paket Internet Murah Indosat

Supaya koneksi internet Indosat bisa lebih cepat serta stabil, silahkan set pilihan jaringan ke 4G LTE. Jaringan 4G memberikan kecepatan akses yang lebih baik katimbang tipe jaringan dibawahnya, jadi Anda perlu memprioritaskan tipe jaringan 4G. Tidak masalah kuota internet cepat habis, asalkan speed tinggi.

6. Gunakan Web Browser Terbaik


Gunakan Web Browser Terbaik

Setiap web browser memiliki kemampuan yang berbeda-beda dalam membaca halaman web, dan seperti Anda lihat, saat ini ada banyak sekali aplikasi web browser yang bisa digunakan secara gratis. Ini memberikan Anda lebih banyak pilihan.

Penggunaan web browser memang tidak secara langsung berkaitan dengan ukuran kecepatan internet Indosat, namun untuk mengatasi internet Indosat lemot, Anda bisa mempertimbangkan untuk menggunakan web browser terbaik yang dilengkapi berbagai fitur bermanfaat untuk mengoptimalkan kecepatan akses. Contoh browser terbaik diantaranya adalah Google Chrome dan Mozillan Firefox.

Kesimpulan


Internet lemot dipicu banyak hal, dan beberapa diantaranya sebagaimana telah diulas diatas. Jika Anda sering dihadapkan dengan masalah internet Indosat lambat, cobalah untuk menerapkan tips mempercepat internet Indosat dalam ulasan ini.


Next Post Previous Post