Cara Mengatasi Kartu Indosat Tidak Bisa Internetan



Untuk pengguna Indosat yang tidak bisa internetan padahal masih memiliki sisa kuota paket data, Anda tidak perlu khawatir, disini saya akan jelaskan beberapa kondisi yang menjadi penyebab kartu Indosat tidak bisa digunakan untuk internetan.

Umumnya pengguna Indosat Ooredoo mengeluhkan akses internet yang sangat lambat, namun bagi Anda yang mengalami kesulitan mengakses internet, solusinya tentu berbeda. Jika Anda mendapati kartu Indosat yang Anda gunakan tidak bisa konek ke jaringan, dibawah ini cara mengatasinya.

Penyebab Kartu Indosat Tidak Bisa Internetan


Cara Mengatasi Kartu Indosat Tidak Bisa Internetan

Ada sejumlah hal yang menyebabkan Indosat tidak bisa membuka internet, beberapa penyebab umum diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Terjadi Masalah Jaringan


Anda perlu memastikan bahwa tidak ada gangguan jaringan pada sisi provider (operator). Jika memang sedang terjadi trouble jaringan, maka wajar saja Anda tidak bisa mengakses internet sampai trouble tersebut berakhir.

2. Cover Jaringan Buruk


Tergantung tempat Anda menggunakan ponsel, jika cover jaringan buruk maka hal ini menyebabkan ponsel sulit untuk menangkap sinyal secara stabil sehingga akses internet menjadi lambat, bahkan tidak bisa membuka sama sekali.

3. Kondisi Cuaca


Faktor cuaca juga bisa menyebabkan pengguna Indosat tidak dapat mengakses internet secara normal. Misalnya cuaca sedang ekstrim dimana handphone akan kesulitan untuk menangkap sinyal, maka kondisi ini dapat mempersulit akses internet lewat HP.

4. Paket Data Limited


Anda mungkin masih memiliki paket internet yang masih aktif, tapi jika kuotanya sudah habis dan disisi lain tidak ada sisa pulsa di HP Anda, maka sudah barang tentu Anda tidak bisa membuka internet. Silahkan cek sisa kuota dan pulsa Indosat Anda.

5. Pulsa Habis


Jika Anda tidak memiliki paket data Indosat yang masih aktif dan juga tidak ada sisa pulsa sama sekali, maka pastinya Anda tidak dapat membuka internet. Jadi, Anda perlu melakukan isi ulang pulsa terlebih dulu lalu mendaftar paket internet kembali.

Cara Mengatasi Kartu Indosat yang Tidak Bisa Internetan


Jika Anda telah memperhatikan beberapa hal penyebab kartu Indosat tidak bisa connect ke internet padahal paket masih aktif, berikut ini beberapa solusi yang bisa dicoba.

1. Aktifkan Mode Pesawat


Cara Mengaktifkan Mode Pesawat

Cara pertama yang bisa Anda coba adalah dengan mengaktifkan mode pesawat untuk sementara waktu. Airplane mode ini tujuannya adalah untuk me-refresh jaringan agar kembali normal sehingga kemudian dapat digunakan untuk membuka internet.

2. Restart Smartphone


Restart Smartphone

Jika cara pertama tidak memberikan solusi, silahkan coba restart smartphone Android Anda. Setelah Anda reboot, silahkan cek apakah sudah bisa digunakan untuk membuka internet. Jika masih gagal, bisa dilanjut ke opsi pemecahan masalah berikutnya.

3. Ganti APN


Setting APN Android Indosat

Konfigurasi APN atau Access Point Name memungkinkan Anda untuk memilih setelan APN yang palin stabil sehingga Anda dapat membuka internet menggunakan kartu Indosat secara lebih cepat dan juga stabil. Anda dapat mengganti dan memilih setting APN tercepat untuk mengatasi masalah kartu Im3 atau kartu Indosat lainnya yang tidak bisa terhubung ke internet.

4. Clear Cache Aplikasi


Clear Cache Aplikasi

Saat Anda tidak bisa membuka internet lewat HP, tidak menutup kemungkinan hal ini karena cache yang menumpuk pada perangkat smartphone Anda. Solusinya, bersihkan cache aplikasi browser yang biasa Anda gunakan untuk browsing.

Cara Membersihkan Cache di Chrome Android:

  1. Buka aplikasi Google Chrome.
  2. Perhatikan pada bagian kanan-atas layar, lalu tap pada More.
  3. Kemudian silahkan tap History lalu pilih Clear browsing data.
  4. Pada bagian atas, pilih All time untuk menghapus semua cache.
  5. Kemudian masuk ke Cookies and site data dan Cached images and files, ceklis kotak dialog, kemudian tap Clear data.

Setelah selesai membersihkan cache, coba buka internet apakah sudah bisa atau masih gagal. Jika masalahnya ada pada cache, harusnya sudah bisa online lagi.

5. Ganti Jaringan dari 3G ke 4G



Koneksi internet umumnya lebih stabil saat Anda memilih setelan jaringan 4G, hanya saja dengan memilih 4G paket data menjadi lebih cepat habis. Coblah untuk beralih dari jaringan 3G ke 4G LTE untuk mengetahui hasilnya.

6.  Pastikan Tidak Ada Trouble Jaringan


Tidak Ada Trouble Jaringan

Jika memang sedang terjadi gangguan jaringan, maka tentunya Anda tidak bisa memaksa untuk bisa internetan saat itu juga. Anda perlu menunggu sampai trouble jaringan telah tersolusikan. Untuk mengetahuinya, Anda bisa menghubungi customer service Indosat.

Penutup


Itulah beberapa cara untuk mengatasi kartu Indosat paket masih ada tapi tidak bisa internetan. Jika Anda mengalami masalah yang sama, Anda dapat menerapkan langkah-langkah diatas agar bisa membuka internet secara normal.


Next Post Previous Post