Penyebab Indosat Lemot dan Cara Mengatasinya



Indosat merupakan salah satu penyedia layanan internet (ISP) dengan jumlah pengguna cukup banyak. Sebagai salah satu operator telekomunikasi ternama, Indosat memiliki puluhan juta konsumen dari berbagai wilayah di seluruh nusantara dan masuk dalam daftar 5 besar perusahaan ISP terpopuler di Indonesia.

Jika Anda sudah lama menjadi pelanggan Indosat, Anda pasti sering merasakan internet Indosat sering lemot, khususnya pada jam-jam sibuk (banyak orang mengakses internet). Semakin parah lagi jika Anda menggunakan paket internet Indosat unlimited yang telah menyentuh batas penggunaan wajar (FUP).

Menyinggung tentang speed koneksi internet di Indonesia, khususnya Indosat, masyarakat sebenarnya belum mendapatkan kualitas layanan sebagaimana besaran uang yang mereka keluarkan untuk membeli paket data. Harga paket internet begitu mahal, namun kecepatan koneksi serta stabilitasnya masih sangat buruk.

Penyebab Internet Indosat Lemot


Saya rasa Anda punya pertanyaan "kenapa internet Indosat sangat lambat?". Disini akan saya ulas beberapa penyebab internet Indosat lambat dan beberapa kiat untuk mengatasinya. Agar setidaknya kita bisa menikmati koneksi internet yang lebih stabil, meskipun dari sisi kecepatan masih jauh dari espektasi.

Baca juga:


Penyebab Indosat lemot cukup beragam. Dan dari berbagai penyebab yang ada, faktor kualitas jaringan atau infrastuktur yang belum memenuhi standar merupakan penyebab utama dibalik lambatnya koneksi internet Indosat Ooredoo.

Dan secara umum, berikut ini adalah beberapa penyebab internet Indosat lambat yang seringkali mengganggu aktivitas online Anda:

1. Kualitas Jaringan


Untuk dapat memberikan layanan internet berkecepatan tinggi dibutuhkan sebuah infrastruktur yang baik dan sesuai kebutuhan sehingga cover jaringan bisa maksimal. Karena masih terkendala dalam aspek ini, maka tidak heran jika internet Indosat sering lambat.

2. Lokasi Pengguna


Tinggal dikawasan perkotaan dan di pedesaan dengan daya tangkap sinyal yang berbeda jelas memberikan imbas pada tingkat kecepatan akses. Pengguna yang tinggal di wilayah pedalaman cenderung tidak bisa menikmati internet cepat karena kualitas sinyal yang masih buruk.

3. Jenis Paket Data


Seperti diketahui, Indosat menawarkan berbagai macam jenis paket data, mulai paket Freedom Internet, Freedom Combo, Yellow, hingga paket Unlimited YouTube dengan sejumlah kuota reguler didalamnya.

Ketika Anda memilih paket Unlimited YouTube, speed koneksi cenderung lambat jika dibandingkan paket kuota seperti Freedom dan Yellow. Jadi, paket Unlimited ini cocok untuk budget terbatas, namun sangat tidak cocok bagi Anda yang menginginkan internet berkecepatan tinggi atau setidaknya stabil.

4. Bandwidth Limited


Apa itu bandwidth? Secara sederhananya, pengertian bandwidth adalah ibarat sebuah jalan dimana setiap jalan itu memiliki lebar yang berbeda-beda. Jika lebar jalan tidak terlalu luas sementara disisi lain terdapat sekian banyak kendaraan (over), maka yang terjadi adalah kemacetan. Jadi, jika bandwidth internet terbatas, maka yang terjadi adalah internet lemot.

Cara Mengatasi Internet Indosat Lemot


Nah diatas telah dijelaskan beberapa penyebab internet Indosat sering ngadat. Selanjutnya kita akan mencarikan solusinya agar aktivitas online Anda lebih menyenangkan karena tidak terganggu koneksi yang lemot.

Ada beberapa hal yang bisa Anda coba terapkan untuk mengatasi Indosat lemot. Berikut ini beberapa solusi untuk menyikapi koneksi internet Indosat lemot parah.

1. Cari Lokasi Sinyal Paling Bagus


Penyebab Indosat Lemot dan Cara Mengatasinya agar sinyal bagus

Pertama, yang perlu Anda lakukan adalah mencari lokasi sinyal yang paling bagus. Meskipun tempat tinggal Anda berada di pedalaman, setidaknya Anda perlu mencari lokasi disekitar Anda yang dapat menangkap sinyal dengan lebih maksimal. Kenapa ini penting? Karena barometer kecepatan internet diukur berdasarkan kualitas sinyal. Jika kualitas sinyal jelek, maka sangat tidak mungkin untuk bisa menikmati akses internet cepat.

2. Ganti Setelan Jaringan


Ganti setelan jaringan untuk mengatasi indosat lemot

Smartphone Android dilengkapi fitur pengaturan jaringan (2G, 3G, 4G LTE), Anda bisa merubah setelan jaringan di HP Android Anda ke 4G Only agar kecepatan akses cenderung stabil. Penggunaan jaringan hanya di 4G memang dapat menyebabkan kuota internet cepat habis, tapi disisi lain Anda bisa menikmati kecepatan akses yang lebih baik.

Cara merubah setelan jaringan ke 4G di smartphone Android:
  1. Masuk ke menu Panggilan / Phone.
  2. Ketikkan short code *#*#4636#*#*
  3. Pilih Phone information / Informasi telepon.
  4. Ubah setelan jaringan sesuai keperluan (misalkan 4G Only)

Jika Anda memilih setelan LTE Only, maka ponsel Anda hanya memunculkan sinyal 4G LTE, tentu pilihan ini lebih baik katimbang jaringan 3G.

3. Aktifkan Mode Pesawat Selama Beberapa Saat


cara mengaktifkan mode pesawat di android agar indosat tidak lemot

Cara praktis yang juga bisa dilakukan untuk mengatasi internet Indosat lemot adalah dengan mengaktifkan mode pesawat selama beberapa saat. Tujuan dari aktivasi ariplane mode ini adalah untuk me-refresh jaringan. Silahkan aktifkan mode pesawat di HP Anda, kemudian matikan kembali dan lihat perubahannya.

4. Ganti Pengaturan APN


setelan apn indosat tercepat

Cara mengatasi internet Indosat lambat berikutnya adalah dengan mengganti Access Point Names (APN) default Indosat.

Anda bisa mencoba menggunakan APN Indosat berikut ini:

  • Name: Indosat Internet
  • APN: indosatgprs
  • Proxy: 10.19.19.19
  • Port: 8080
  • Username: indosat
  • Password: indosat
  • MMS Proxy dan Port: Kosongkan
  • MCC: 510
  • MNC: 01
  • Authentication Type: default
  • APN Type: default, supl
  • APN Protocol: ipv4
  • APN Roaming Protocol: ipv4

5. Pilih Paket Non-Unlimited


mengatasi indosat lemot dengan paket internet yellow

Sebagaimana disebutkan sebelumnya, paket internet Unlimited memiliki batasan speed. Jika Anda menginginkan internet yang lebih cepat, maka mau tidak mau Anda perlu memilih paket internet non-unlimited, baik itu paket Freedom Internet, Yellow ataupun paket kuota lainnya.

Penutup


Demikian info penyebab Indosat lelet dan cara mengatasinya. Semoga informasi ini sedikit-banyak bisa memberikan solusi bagi Anda para pelanggan setia Indosat Ooredoo.


Next Post Previous Post