Cara Pasang 1 Antena Untuk 2 TV

Meskipun sekarang ini sudah banyak yang beralih ke TV digital, namun sebagian masyarakat masih setia menggunakan TV dengan antena UHV. Dibalik kekurangan yang ada, TV Analog memang masih memberikan kesan kenyamanan tersendiri bagi pengguna. Dan Anda mungkin tertarik untuk memasang 1 antena untuk 2 TV.

Cara pasang 1 antena 2 TV tidaklah sulit. Anda bisa memasang satu antena dua TV dengan sangat mudah. Dan bagi Anda yang belum pernah melakukannya, dalam artikel ini saya akan berikan panduan untuk memasang 1 antena yang bisa digunakan untuk 2 tv secara langsung. Jadi, Anda tidak perlu pasang satu-satu.

Cara Memasang 1 Antena Untuk 2 TV


Untuk bisa memasang satu antena saja dan digunakan untuk dua televisi dibutuhkan perangkat yang disebut splitter. Benda inilah yang nantinya dapat membagi 1 antena untuk 2 tv sekaligus. Jika Anda sudah memilikinya, maka proses pemasangan bisa langsung dikerjakan.

Baca:


Jika belum punya splitter, perangkat ini dapat Anda beli di toko elektronik atau bisa juga beli online. Banyak sekali toko online yang menjual splitter. Untuk harganya juga tidaklah mahal. Beberapa jenis splitter yang tersedia saat ini termasuk splitter 1 input 2 output (2-in-1), 3-in-1, dan 4-in-1.

Berikut ini penampakan splitter.

Cara Memasang 1 Antena Untuk 2 TV dengan splitter

Dan untuk splitter yang sudah dilengkapi penguat sinyal adalah sebagai berikut.

Splitter dilengkapi penguat sinyal tv

Apakah splitter antena harus beli? tidak juga. Jika tidak ingin membelinya, Anda juga bisa membuat splitter sendiri. Namun disini saya tidak memberikan panduan cara membuat splitter, dalam bahasan ini kita akan berbagi cara melakukan paralel antena TV.

Baca juga:


Jadi, secara umum beberapa bahan yang dibutuhkan untuk memasang 1 antena 2 tv adalah sebagai berikut:

  1. Splitter
  2. Jack antena
  3. Kabel Coaxial
  4. Obeng

Jack antena untuk menyambung 2 tv dari 1 antena
Gambar jack antena

Kabel coaxcial memasang 1 antena untuk 2 tv
Gambar kabel coacxial terpasang jack

Kabel coaxcial dikelupas dibagian ujung
Kabel coaxcial

Proses pemasangan:

  • Silahkan kupas bagian ujung-luar kabel coaxial untuk dipasangi jack antena.
  • Pasangkan jack antena pada masing-masing ujung kabel coaxial.
  • Kemudian colokkan ke splitter yang tengah dipasang ke TV utama, dan yang samping satunya dari jack antena luar, serta samping satunya lagi ke jack yang menghubungkan ke TV 2.
  • Silahkan hidupkan TV dan lihat hasilnya. Jika di daerah Anda sinyal TV mudah didapat maka mestinya gambar masing-masing TV terlihat jernih.

Nah itulah teknik pasang 1 antena untuk 2 TV. Cara ini juga bisa diterapkan jika Anda ingin memasang 1 antena parabola 2 tv.

Kesimpulan Cara Paralel Antena TV


Sebagaimana dijabarkan diatas, cara membagi 1 antena untuk 2 tv sangatlah mudah untuk dilakukan. Lebih menariknya, Anda bahkan bisa menggabungkan 3-4 TV atau lebih dengan hanya memasang 1 antena.

Berlangganan IndiHome? simak artikel cara Reset FUP IndiHome

Jika tidak ingin repot-repot memasang 2 antena, Anda cukup terapkan teknik diatas karena kualitas gambar TV juga tetap bagus sepanjang di daerah tempat tinggal Anda mudah mendapatkan signal.





0 comments