Cara Aktivasi Office Secara Permanen Tanpa Product Key



Microsoft Office (termasuk Office 2016) harus dilakukan aktivasi agar Anda dapat menggunakannya secara pemanen di PC Anda. Namun, untuk melakukan aktivasi Office diperlukan product key. Sama halnya untuk melakukan aktivasi Microsoft Office Visio.

Permasalahannya, bagaimana jika kita tidak punya product key Office?

Office sejatinya merupakan sebuah software berbayar. Jadi, untuk dapat menggunakan aplikasi buatan Microsoft ini user harus membeli lisensi. Namun, bagi sebagian user hal tersebut bisa memberikan masalah karena harga lisensi Office tidaklah murah.

Namun demikian, masih ada cara lain untuk mengaktifkan Office. Jika Anda tidak punya cukup uang untuk membeli lisensi Office, maka Anda dapat menggunakan tools aktivator Windows yang diantaranya akan saya ulas dalam artikel cara aktivasi Microsoft Office secara permanen ini.

Setelah user selesai menginstall Office 2016 di laptop berbasis Windows miliknya, masih ada pekerjaan penting berikutnya yang tidak dapat dilewatkan. Anda harus melakukan aktivasi Office 2016 yang sudah Anda install tersebut agar aplikasi ini dapat digunakan secara penuh dan tanpa ada pembatasan fitur.

Sejumlah masalah umumnya sering muncul ketika Anda menggunakan Microsoft Office 2016 yang belum dilakukan aktivasi. Misalnya saja, ketika Anda membuka dokumen yang sudah pernah dibuat sebelumnya kemudian melakukan perubahan, maka hasil perubahan tersebut tidak dapat disimpan seperti biasanya.

Kemudian, masalah lainnya adalah setiap kali Anda membuka produk Microsoft Office 2016 seperti Word 2016, maka akan muncul jendela aktivasi yang meminta Anda memasukkan product key.

Masalah yang juga sering mengganggu pada Office 2016 yang tidak di aktivasi adalah munculnya popup Product Notice yang berisi keterangan bahwa Office yang Anda gunakan tidak di aktivasi beserta perintah untuk segera melakukan aktivasi.

Cara Aktivasi Office 2016 Secara Gratis dan Permanen Tanpa Product Key


Apabila Anda sudah memutuskan untuk melakukan aktivasi Office 2016 yang terpasang di Windows 7 maupun Windows 10, terdapat beberapa metode yang dapat digunakan.

Jika Anda memiliki product key Microsoft Office 2016, maka Anda dapat memilih cara aktivasi Office 2016 tanpa software. Anda tidak membutuhkan software apapun, yang perlu anda lakukan adalah memasukkan product key pada dialog box aktivasi Microsoft Office.

Dan Apabila Anda tidak memiliki product key atau serial number Office, maka Anda perlu menggunakan cara aktivasi Office 2016 secara permanen tanpa product key. Cara ini dapat Anda lakukan secara gratis menggunakan software Office aktivator. Secara keseluruhan, hasil aktivasinya pun sama saja dengan menggunakan product key, yaitu berlaku secara permanen.

Selain untuk aktivasi Microsoft Office 2016, proses aktivasi menggunakan software activator ini juga dapat dilakukan pada Office 2016 Professional Plus atau edisi Microsoft Office yang lain.

1. Cara Aktivasi Office 2016 dengan Software KMS Office 2019


Software KMS Office 2019 bisa Anda pilih untuk melakukan aktivasi Microsoft Office 2016 secara gratis dan permanen. Software aktivator Office ini biasa juga disebut dengan nama Office 2013-2019 C2R Install atau OInstall. Untuk melakukan aktivasi menggunakan cara ini, silahkan simak dan ikuti prosesnya seperti dijelaskan dibawah ini.

Pertama, Anda perlu mendownload software KMS Office 2019 terlebih dulu. Jika Anda belum memilikinya, silahkan di download software KMS Office 2019 terlebih dulu. Ukuran file-nya cukup kecil, hanya sekitar 10 MB.

Jika sudah Anda download, silahkan ekstrak file KMS Office 2019. Kemudian buka folder hasil ekstrak tadi dan Anda akan menemukan sebuah folder dan file OInstall. Silahkan jalankan file OInstall.exe sebagai administrator (Run as administrator) di laptop atau komputer Anda.

Cara Aktivasi Office Secara Permanen Tanpa Product Key

Saat Anda berada pada bagian Main Window KMS Office 2019, silahkan klik pada tab Utilities. lalu pada bagian Utilities, silahkan centang pada checkbox Office reactivation task. Setelah itu, silahkan Anda klik Office RETAIL >> VL untuk melakukan konversi Office 2016 menjadi Volume License. Harap menunggu sampai proses konversi selesai yang ditandai dengan munculnya keterangan Completed.

Cara Mengaktifkan Office Secara Gratis dan Permanen

Kemudian, silahkan klik Activate Office untuk memulai proses aktivasi Microsoft Office 2016. Jika muncul jendela Windows Security Alert dengan name KMS emulator by Ratiborus, Anda perlu megklik Allow access untuk melanjutkan.

Cara Aktivasi Office Gratis Selamanya

Selanjutnya Anda perlu menunggu hingga proses aktivasi Office selesai. Jika telah selesai, maka akan muncul keterangan Product activation succesfull. Itu artinya Office 2016 yang Anda gunakan sudah telah sepenunya diaktifkan.

Software aktivasi Office gratis

Selesai - Silahkan close, selanjutnya Anda dapat menggunakan aplikasi Microsoft Office sesuai keperluan.

2. Cara Aktivasi Office Tanpa Serial Number


Selain menggunakan software aktivasi Office gratis diatas, Anda juga bisa menggunakan KMS Pico yang tidak kalah mudahnya untuk digunakan melakukan aktivasi Microsoft Office tanpa serial number.

KMS Pico merupakan salah satu software aktivator Office gratis yang sebenarnya lebih populer dikalangan pengguna Windows dibanding software aktivator lainnya. Penggunaannya juga cukup mudah, silahkan diikuti langkah-langkah aktivasi Office menggunakan KMS Pico seperti dijelaskan berikut ini.

Dan untuk Anda yang belum memiliki KMS Pico, silahkan unduh software KMS Pico terlebih dulu. Jika sudah selesai di unduh, mari dilanjut ke proses aktivasi Office secara permanen dan gratis dengan tools activator ini.

Temukan lokasi file unduhan KMS Pico, silahkan ekstrak file KMS Pico. Lalu, buka folder hasil ekstrak dan Anda akan menjumpai file KMSPico. Silahkan jalankan file KMSPico.exe sebagai administrator (Run as administrator).

Cara Aktivasi Microsoft Office

Berikutnya akan muncul jendela Extracting yang artinya proses aktivasi Office 2016 menggunakan KMS Pico sedang berjalan. Jendela tersebut akan hilang dengan sendirinya ketika proses aktivasi telah selesai.

Jika jendela tersebut sudah ditutup, maka itu artinya Anda sudah berhasil mengaktifkan Microsoft Office 2016 di komputer Anda.

Dan sebagai catatan, cara aktivasi Office dengan KMS Pico ini merupakan cara yang paling cepat dan mudah dibanding cara yang lainnya. Anda dapat mengandalkan software ini untuk melakukan aktivasi Microsoft Office seri apapun tanpa memiliki product key.

Penutup


Selain kedua software aktivator Office yang saya sebutkan diatas, sebenarnya masih ada beberapa software sejenis lainnya yang dapat Anda gunakan untuk mengaktifkan Office secara gratis dan permanen. Namun, kedua software tersebut menurut saya merupakan yang terbaik dan patut untuk Anda coba.


Next Post Previous Post