Cara Mengatasi Baterai OPPO Cepat Panas

OPPO merupakan salah satu brand smartphone brbasis Android asal Tiongkok yang memiliki jumlah pengguna cukup banyak di Indonesia.

Sejak pertama kali hadir di pasar smartphone lokal, OPPO langsung mendapat tempat. Tak sedikit pengguna smartphone Android yang prefer OPPO smartphone.

Dari sisi harga, OPPO sebenarnya bukanlah smartphone ekonomis mengingat harga HP OPPO taklah beda dengan vendor smartphone unggulan lainnya, seperti Samsung, Huawei, hingga LG.

Nah, dalam posting ini saya akan berbagi tips mengatasi baterai OPPO cepat panas yang sepertinya tak sedikit kasus baterai OPPO cepat panas yang sering dijumpai pengguna OPPO.

Cara Mengatasi Baterai OPPO Cepat Panas


Cara Mengatasi Baterai OPPO Cepat Panas

Untuk diketahui, ada berbagai hal yang menyebabkan baterai smartphone cepat panas, dan ini tidak hanya berlaku untuk HP OPPO, tetapi juga untuk merk smartphone apapun lainnya.

Baca: Cara Mengatasi Baterai Android Boros

Beberapa penyebab baterai HP Android cepat panas diantaranya adalah dikarenakan adanya aplikasi yang crash, aplikasi yang menguras daya secara berlebihan, dan juga adanya aplikasi aktif di background dalam jumlah yang terlalu banyak.

Dan bagi Anda yang sering dihadapkan dengan kondisi temperatur baterai tiba-tiba panas secara tidak wajar, berikut ini cara mengatasi baterai OPPO cepat panas yang juga dapat Anda terapkan pada merk smartphone selain OPPO.

1. Restart Smartphone


Hal pertama yang dapat Anda lakukan saat mendapati temperatur baterai serasa sangat panas adalah melakukan restart.

Restart smartphone akan mengembalikan sistem ke kondisi semula. Restart dapat mengakhiri terjadinya aplikasi crash atau permasalahan sistem lainnya yang dalam hal ini memicu terjadinya baterai panas.

Simak: Cara Mengatasi Baterai HP Redmi Cepat Habis

2. Cek Penggunaan Baterai


Langkah yang kedua jika Anda sering menjumpai temparatur HP sangat panas adalah dengan mengecek penggunaan baterai.

Perhatikan, aplikasi apa saja yang menyedot terlalu banyak daya. Jika sudah teridentifikasi, silahkan coba uninstall aplikasi tersebut. Perhatikan setelahnya, apakah baterai HP OPPO Anda masih sering panas secara tiba-tiba.

3. Update Aplikasi


Aplikasi yang usang tak menutup kemungkinan menjadi penyebab baterai OPPO cepat panas. Oleh sebab itu, silahkan update aplikasi di ponsel Anda yang telah usang.

Update aplikasi ke versi paling baru dapat menghilangkan bug atau masalah tertentu yang ada pada aplikasi tersebut sehingga tidak akan mengganggu kinerja sistem, termasuk untuk konsumsi daya baterai.

Lihat: Cara Membuka dan Pasang Baterai Tanam HP

4. Minimalisir Aplikasi Aktif di Background


Ukuran kinerja suatu smartphone dapat dihitung berdasarkn spek smartphone tersebut. Semisal Anda menggunakan ponsel dengan RAM 1-2 GB, namun Anda menggunakan untuk multi-tasking dalam jumlah terlalu banyak atau terdapat sekian banyak aplikasi aktif di background, maka hal ini dapat menyebabkan baterai menjadi sangat panas hingga ponsel hang.

Jadi, usahakan untuk meminimalisir aplikasi aktif di background supaya tidak membuat daya baterai cepat habis dan sangat panas.

5. Reset Smartphone


Cara terakhir yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi baterai OPPO sering panas secara tiba-tiba adalah dengan melakukan factory reset.

Factory reset atau menyetel ulang ke setelan pabrik akan membuat HP OPPO Anda seperti baru lagi dari sisi sistem. Namun, pastikan Anda sudah mem-backup data-data penting di ponsel Anda sebelum melakukan reset.

Panduan: Cara memperbaiki Android mentok di logo

Penutup


Demikianlah cara mengatasi baterai OPPO cepat panas secara mudah. Dan sebagai catatan, apabila beberapa cara diatas tidak memberikan solusi, Anda juga bisa mempertimbangkan untuk melakukan flashing.

Namun, sebelum melakukan flashing HP pastikan baterai smartphone Anda memang masih dalam kondisi bagus (belum terlalu lama dipakai) karena baterai yang sudah tua memang lumrah jika sudah mengalami penurunan performa.

Tutorial: Cara Flash OPPO r1001







0 comments