Cara Mengatasi Baterai HP Redmi Cepat Habis



Redmi merupakan salah satu brand smartphone yang cukup saya suka. Harga murah, spek relatif bagus merupakan salah satu alasan saya prefer smartphone yang satu ini. Nah kali ini, kita akan ulas mengenai cara mengatasi baterai hp Redmi cepat habis.

Meski masih relatif baru masuk pasa Indonesia, namun Xiaomi Redmi ini sudah berhasil memikat banyak pengguna. Berbagai seri smartphone Redmi terus bermunculan.

Dalam artikel ini kita akan membahas mengenai baterai hp Redmi cepat habis atau cepat panas. Diharapkan ulasan ini dapat memberikan solusi bagi Anda yang mengalami baterai Redmi boros atau tidak normal.

Penyebab Baterai Redmi Cepat Habis atau Panas

Cara Mengatasi Baterai HP Redmi Cepat Habis

Baterai smartphone (baik itu Redmi, OPPO, vivo, dll) dipicu oleh banyak hal. Jadi, Anda perlu memastikan kira-kira apa penyebab baterai hp cepat habis.

Beberapa penyebab baterai Redmi cepat habis atau cepat panas, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Terdapat aplikasi crash

Seringkali adanya aplikasi crash atau aplikasi bermasalah menyebabkan temperatur baterai menjadi sangat panas. Kalau sudah panas, pastinya baterai cepat habis.

2. Ponsel Pernah Terjatuh

Ponsel jatuh dari ketinggian yang lumayan tinggi juga dapat menyebabkan baterai hp cepat panas atau sulit di charge. Tak jarang kita menjumpai kasus baterai susah di cas setelah jatuh.

3. Pola Pengisian Buruk

Penyebab baterai Redmi cepat panas berikutnya adalah pola isi ulang daya yang tidak dilakukan dengan sebagaimana mestinya (misalkan menggunakan charger sembarangan, belum penuh sudah dicabut, dsb).

4. Usia Baterai Sudah Uzur

Bateri memiliki usia pemakaian, jadi jika baterai tersebut sudah digunakan cukup lama, maka sudah saatnya untuk diganti dengan yang baru. Meskipun tidak ada baterai original, namun Anda tetap perlu mengganti dengan yang baru jika usia penggunaan baterai hp Anda memang sudah cukup lama.

Cara Mengatasi Baterai HP Redmi Cepat Habis

Untuk bisa mengatasi baterai hp Redmi cepat habis ataupun cepat panas, maka langkah pertama yang perlu dilakukan adalah menganalisa penyebab dari boros baterai tersebut.

Jika smartphone Anda tergolong baru, maka saya menyarankan Anda untuk memeriksa aplikasi yang terpasang di smartphone Anda mengingat aplikasi seringkali menjadi biang keladinya.

  • Silahkan buka smartphone Anda, lalu masuk ke menu Pengaturan atau Settings.
  • Kemudian, pilih menu Baterai & Performa.
    Cara Mengatasi Baterai Redmi Cepat Habis
  • Selanjutnya tap pada Penggunaan Daya.
    Cara Mengatasi Baterai Redmi Cepat Panas
  • Nantinya akan terlihat daftar aplikasi apa saja yang menyedot banyak daya baterai.
    Cara Mengatasi Baterai Redmi Boros
  • Jika sudah mengetahui aplikasi apa yang menyebabkan baterai cepat habis, silahkan remove aplikasi tersebut dari smartphone Anda. Alternatifnya, Anda bisa uninstall lalu install ulang aplikasi tersebut ke versi terbaru.

Demikian cara mudah untuk mengatasi baterai Redmi cepat habis atau cepat panas. Selain dengan cara diatas, Anda juga bisa menggunakan cara lainnya.

Cara Mengatasi Baterai Redmi Boros dengan Reset

Reset hp memungkinkan hp tersebut kembali dalam kondisi awal (setelan pabrik). Hal ini dapat meningkatkan performa smartphone Anda.

Selain itu, dengan reset, performa atau daya tahan baterai biasanya juga bisa lebih awet. Adapun cara reset Android adalah sebagai berikut:

  • Buka smartphone Anda.
  • Masuk ke menu Settings.
  • Pilih Backup & Reset >> Factory Data Reset.
  • Pilih Reset Phone atau Erase Everything.

Cara Reset Android Dalam Kondisi Mati:

  • Tekan tombol Power + VOL UP secara bersamaan.
  • Kemudian akan muncul Recovery Mode.
  • Jika cara diatas tidak work, tekan tombol Power + Volume UP + Volume Down.
  • Lalu pilih Wipe Data atau Factory Reset, kemudian pilih OK.

Penutup

Itulah beberapa cara mengatasi baterai Redmi cepat habis. Anda bisa mencobanya sekarang bilamana dihadapkan masalah baterai cepat panas atau cepat habis. 

Cara diatas biasanya mampu mengatasi masalah boros baterai, kecuali baterai Anda memang sudah uzur.



Next Post Previous Post