Tips Beli Mobil Bekas Tahun Tua Secara Aman

Panduan beli mobil bekas tahun tua 10 tahunan atau bahkan lebih sangat penting untuk diketahui agar Anda tidak merasa kecewa dikemudian hari setelah mengeluarkan uang yang tidak sedikit.

Disini saya akan berbagi informasi penting mengenai tips beli mobil bekas matic bekas ataupun mobil manual tua yang sudah digunakan lebih dari 10 tahun pemakaian.

Pada dasarnya membeli mobil bekas itu tidaklah masalah, apalagi jika mobil bekas tersebut belum terlalu lama terpakai. Jika tidak ada masalah serius, harusnya Anda aman-aman saja.

Tips Beli Mobil Bekas Tahun Tua 10 Tahunan atau Lebih

Tips Beli Mobil Bekas Tahun Tua Secara Aman

Beberapa hal penting yang perlu diperhatikan saat ingin beli mobil second diantaranya akan disebutkan dibawah ini. Silahkan disimak setiap poin yang saya ulas dibawah ini agar mobil yang Anda akan beli masih dalam kondisi layak pakai.

Selain itu, dari sisi legalitas atau surat-surat kendaraan juga tidak menjadi masalah dikemudian hari. Simak panduan beli mobil second murah tapi bagus seperti dijabarkan dibawah ini.

1. Perhatikan Fisik Mobil


Hal penting yang harus diperhatikan saat ingin beli mobil bekas yang pertama adalah Anda wajib mengecek kondisi fisik mobil yang akan Anda beli, baik itu mobil sedan, SUV, MPV, atau mungkin pickup.

Perhatikan secara seksama, mulai eksterior hingga interiornya. Jangan sampai ada yang kelewatan, dan jangan menjadikan foto sebagai acuan utama dalam berpertimbangan karenan efek kamera bisa saja beda jauh dari barang aslinya.

2. Kelengkapan Surat


Ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan, yaitu nomor mesin dan nomor kerangka harus sesuai dengan yang tertera di STNK mobil. Pastikan juga bahwa BPKB tersebut asli.

Untuk memastikan keaslian nomor kerangka dan mesin, ada baiknya Anda membawa moboil ke Samsat untuk dilakukan cek fisik. Ini jauh lebih aman jika Anda khawatir saat mengeceknya sendiri.

3. Periksa Kaki-kaki Mobil


Ingat, mobil tua itu biasanya bermasalah pada bagian kaki-kakinya akibat usia pemakaian yang sudah lama, terlebih jika sudah digunakan selama puluhan tahun. Oleh karena itu, Anda harus benar-benar teliti dengan hal tersebut.

Cobalah untuk test drive kendaraan tersebut, dan rasakan serta perhatikan apa yang Anda alami selama mengendarai mobil bekas tersebut.

4. Kelistrikan Mobil


Setiap mobil didukung dengan instalasi kelistrikan. Ini termasuk salah satu hal terpenting yang harus Anda waspadai sebelum deal membelim mobil bekas usia 10 tahunan keatas. Pastikan Anda tidak hanya terpesona dengan eksterior mobil yang masih bagus.

Periksa juga kondisi AC dan yang lainnya. Biasa perbaikan tidaklah murah, terlebih jika mobil tersebut mobil premium, misalkan Pajero Sport, Fortuner, atau Honda CRV.

5. Waspada dengan Transmisi Matic


Disadari atau tidak, sebagian pengguna mobil sebenarnya masih menyukai jenis transmisi manual dibanding matic. Walaupun antara matic dan manual punya kelebihan dan kekuragan masing-masing, namun biaya perawatan matic mobil jauh lebih mahal. Dan hal inilah yang menyebabkan sebagian orang lebih suka mobil bekas tahun tua manual dibanding matic.

Namun, bukan berarti beli mobil bekas matic murah itu salah. Tidak demikian. Intinya, jika Anda ingin beli mobil matic bekas, pastikan bahwa usaia pemakaian mobil matic tersebut belum terlalu tua atau tidak dalam kondisi sudah bermasalah.

Penutup


Demikianlah beberapa panduan beli mobil bekas tahun tua hingga 10 tahun lebih. Jangan asal beli, tapi pastikan mobil yang akan Anda beli bagus dikantong dan juga bagus dikenyamanan.

Mobil Toyota yang sudah digunakan 30 tahun lebih nyatanya juga masih banyak yang bagus, namun hal tersebut tentunya didukung dengan maintanance yang baik pula dari penggunanya. Jadi, beli mobil bekas yang aman itu mudah-mudah saja asalkan hal-hal penting seperti disebutkan diatas Anda perhatikan dengan sebaik-baiknya.







0 comments