Cara Mengaktifkan Hotspot Android dan iOS



Seperti Anda ketahui, Android merupakan smartphone dengan berbagai fitur berguna didalamnya. Salah satu fitur yang ada di platform Android adalah Hotspot. 

Dengan adanya Hotspot, Anda dapat berbagi koneksi internet dengan orang-orang terdekat Anda secara mudah dan praktis. Ini akan sangat berguna bagi mereka yang sedang tidak memiliki paket data.

Kali ini saya akan mengulas cara mengaktifkan WiFi atau hotspot tethering di Android dan juga iOS. iOS sendiri merupakan sistem operasi pada iPhone dan iPad.

Untuk smartphone Android dan iOS masing-masing memiliki pengaturan yang memungkinkan penggunanya untuk mengaktifkan hotspot.

Cara Buat Hotspot di Android

Berikut ini panduan mengaktifkan hotspot di smartphone Android yang mungkin belum Anda ketahui.

  1. Silahkan masuk ke menu Settings.
  2. Tekan opsi Network & Internet (Internet dan jaringan). Kemudian akan muncul beberapa pilihan. Tekan menu hotspot & Tethering.
  3. Setelah menu terbuka, akan muncul beberapa opsi, salah satunya adalah hotspot Wi-Fi. Geser tombol yang berada di samping opsi tersebut ke kanan untuk mengaktifkan mode hotspot Wi-Fi.
  4. Jika Anda ingin membuat sambungan tersebut lebih personal, ketuk pilihan pengaturan hotspot hingga muncul tampilan nama (Network name) dan Password (kata sandi). Masukkan password yang diinginkan dan tekan tombol Save.
  5. Setelah selesai, Anda akan menemukan jaringan Wi-Fi pribadi yang telah dibuat.

Cara Mengaktifkan Hotspot di iOS

Adapun untuk smartphone yang menggunakan sistem operasi iOS, pengaturannya juga cukup mudah dan tidak berbeda jauh. Anda bisa lakukan langkah berikut ini:

  1. Silahkan Anda menuju menu Settings.
  2. Setelah itu, tekan opsi Personal Hotspot.
  3. Selanjutnya, beralihlah ke menu slider yang ada di samping opsi Personal Hotspot. Ubah tombol tersebut ke posisi On atau berwarna hijau.
  4. Jika ingin menambah password (kata sandi) pada hotspot Wi-Fi, Anda dapat melakukannya di layar yang sama.
  5. Setelah selesai, Anda dapat menghubungkan gadget lain dengan hotspot Wi-Fi pribadi Anda.

Pastikan untuk mematikan sambungan hotspot dengan cara yang sama, setelah selesai menggunakan sambungan Wi-Fi dari smartphone.

Penutup

Cara Mengaktifkan Hotspot Android dan iOS

Penting untuk diingat ketika menggunakan smartphone untuk menciptakan sambungan Wi-Fi, upayakan baterai dalam keadaan penuh. Sebab, kegiatan ini menguras cukup banyak daya.

Atau bisa juga mengaktifkan fitur ini sembari melakukan pengisian daya. Tapi ini tidak dianjurkan, karena akan membuat ponsel cepat panas dan mempercepat kerusakan baterai.

Demikianlah panduan mengaktfiakn hotspot di Android dan iOS, semoga ulsannya cukup jelas dan berguna bagi sahabat pembaca yang masih belum mengerti bagaimana cara mengaktifkan wifi di Android.



Next Post Previous Post