Cara mengatasi notifikasi WhatsApp tidak muncul di Realme



Notifikasi WA tidak muncul di Realme atau tipe smartphone lainnya bukanlah satu hal yang sulit disolusikan. Ada beberapa penyebab pemberitahuan WhatsApp tidak muncul di OPPO Realme yang akan dikupas dalam artikel ini.

Cara mengatasi notifikasi WhatsApp tidak keluar di Realme tidak perlu dengan cara melakukan factory reset atau bahkan melakukan flashing, karena tidak munculnya notifikasi tersebut hanya dikarenakan masalah pengaturan.

Nah, bagi Anda yang merasa pesan pemberitahuan di WA tiba-tiba senyap alias tidak ada notifikasi apapun, silahkan ikuti panduan dibawah ini agar notifikasi WhatsApp di HP Anda kembali muncul seperti biasanya.

Cara mengatasi notifikasi WhatsApp tidak muncul di Realme

Sebagai catatan, panduan dibawah ini relevan untuk smartphone OPPO dan Realme. Namun, beberapa tipe smartphone Android lainnya juga memiliki beberapa sisi persamaan untuk pengaturan notifikasi aplikasi. 

Jadi, Anda bisa mencoba meskipun ponsel Anda bukanlah ponsel OPPO atau Realme.

1. Cara memunculkan notifikasi WhatsApp Realme

Buka menu Pengaturan yang ada di aplikasi WhatsApp:

  • Dalam hal ini notifikasi WhatsApp tidak dinonaktifkan dalam Pengaturan WhatsApp dan di setiap obrolan.
  • Silahkan buka WhatsApp, pilih Lainnya > Pengaturan > Notifikasi dan pastikan bahwa pesan dan notifikasi group sudah aktif.
  • Buka chat yang ingin Anda munculkan notifikasinya > Lainnya > Info Grup atau Info dan pastikan obrolan tidak dinonaktifkan.
  • Pastikan Anda menggunakan koneksi internet yang stabil, karena apabila ponsel Anda memiliki koneksi internet yang lemot, mungkin perlu beberapa saat sebelum WhatsApp dapat terhubung kembali ke ponsel Anda.
  • Catatan: Apabila fitur Penghemat Baterai diaktifkan, notifikasi tidak akan dikirimkan untuk menghemat baterai. Jadi, matikan fitur Penghemat Daya di HP Realme milik Anda.
  • Pastikan WhatsApp disematkan ke Mulai. Dengan begitu, jika Anda melewatkan notifikasi, Anda masih bisa melihat pesan yang belum dibaca.

2. Cara mengatasi tidak ada nada dering saat menerima pesan WhatsApp

Untuk mengatasi pesan WA tidak berdering, silahkan Masuk ke menu Pengaturan > Manajemen Aplikasi > cari aplikasi WhatsApp > Kelola Notifikasi > Pemberitahuan Pesan > Nada Dering,  kemudian sesuaikan dan pilih nada dering yang diinginkan.

 
Berikut pengaturan di WhatsApp:

  • Perlu dipastikan bawah Suara WhatsApp diaktifkan. Buka menu Pengaturan > Notifikasi untuk geser Nada Pembicaraan menjadi berwarna hijau.
  • Keluar dari akun WhatsApp.
  • Paksa berhenti WhatsApp lalu restart smartphone Anda.
  • Perbarui WhatsApp.
  • Hapus dan install ulang WhatsApp.

3. Matikan fitur pembatasan Penggunaan Data Latar Belakang

Cara mengatasi notifikasi WhatsApp tidak muncul di Realme

Tak jarang notifikasi WhatsApp tidak muncul di Realme maupun merk smartphone lainnya lantaran fitur Penggunaan Data Latar Belakang dalam kondisi aktif (Dibatasi).

WhatsApp bisa bekerja ketika terhubung dengan internet. Salah satu hal yang dapat menyebabkan layanan WhatsApp tidak memiliki akses internet adalah karena data latar belakang aplikasi tersebut dibatasi.

Membatasi data background aplikasi memang dapat membuat penggunaan data lebih hemat, namun disisi lain hal ini dapat membatasi kinerja dari beberapa aplikasi yang membutuhkan akses internet, termasuk aplikasi WhatsApp.

Untuk menonaktifkan fitur pembatasan Penggunaan Data Latar Belakang, silahkan masuk ke menu Settings > buka menu Apps > cari aplikasi WhatsApp, kemudian buka Data usage. Silahkan buat pilihan Background Data dalam kondisi aktif.

Video Cara Memunculkan Nofitikasi WhatsApp Realme 


Penutup

Itulah beberapa penyebab notigikasi WhatsApp tidak muncul di HP Realme dan OPPO, Anda bisa menerapkan beberapa cara mengatasi notigikasi WhatsApp tidak muncul di Realme sebagaimana telah dijabarkan diatas.




Next Post Previous Post