Cara Memperbaiki HP Lenovo Mati Hanya Getar Terus



Seperti diketahui, perangkat smartphone memiliki komponen yang cukup kompleks didalamnya. Dengan fungsinya yang menyerupai komputer, maka tidak mengherankan jika berbagai macam gejala kerusakan seringkali ditemui pada smartphone, mulai gagal masuk ke sistem, tidak bisa menjalankan aplikasi, fungsi tertentu error, hingga HP mati total.

Dari berbagai jenis kerusakan smartphone Android, salah satu kasus yang cukup sering kita jumpai adalah mati total. Tidak jarang kita menjumpai smartphone dalam kondisi mati total sementara sebagai orang awam Anda tidak mengetahui secara pasti apa penyebab HP mati total.

Nah bagi Anda para pengguna smartphone Lenovo, artikel ini akan mengulas cara memperbaiki hp Lenovo mati total dan hanya bergetar terus saat dinyalakan.

Sebagai catatan, ulasan ini relevan untuk smartphone Lenovo Vibe C atau Lenovo A2020a40. Sebelum memulai langkah perbaikan Lenovo bergertar terus dalam kondisi mati, terlebih dulu mari dipahami apa saja penyebab hp Lenovo getar terus dan tidak mau nyala.

Penyebab HP Lenovo Mati Total dan Hanya Bergetar Terus


Cara Memperbaiki HP Lenovo Mati Hanya Getar Terus

Pastinya ada berbagai hal yang menyebabkan HP Lenovo mati total dan hanya getar secara terus-menerus saat Anda coba hidupkan.

Baca:


Beberapa penyebab umum Lenovo hanya bergetar dan tidak mau nyala, antara lain adalah sebagai berikut:

1. Baterai kosong


Anda perlu memastikan apakah baterai memiliki sisa daya untuk menghidupkan ponsel Anda.
Jika baterai dalam kondisi 0 daya, maka Anda tidak dapat menghidupkan ponsel dan saat dinyalakan yang ada hanya berupa getaran.

Silakan isi ulang baterai terlebih dulu, dan di rekomendasikan untuk menggunakan charger original karena charger original sudah disesuaikan ukuran arus dayanya.

2. Terdapat masalah pada system


Ini adalah situasi yang sering menjadi penyebab Lenovo mati total. Untuk mengatasi hal ini, Anda dapat melakukan factory reset Lenovo melalui tombol kombinasi.

Karena sudah tidak bisa menghidupkan ponsel, maka reset Lenovo dapat Anda lakukan tanpa perlu menghidupkan hp terlebih dulu. Cara reset Lenovo adalah dengan menekan tombol power + volume atas lalu pilih wipe data / factory reset.

cara reset lenovo

3. Ada kerusakan pada hardware


Jika masalahnya kemungkinan besar berada pada sektor hardware, maka Anda perlu memiliki keahlian perbaikan hardware smartphone.

Bisa jadi terdapat kerusakan pada IC Charger, komponen mesin seperti cpu atau yang lainnya. Tanpa keahlian, Anda perlu membawa smartphone Anda ke servisan jika yang terjadi memang kerusakan pada sektor hardware.

Cara Memperbaiki HP Lenovo Mati Total


Nah berikut ini adalah beberapa cara lain yang bisa Anda coba untuk mengatasi smartphone Lenovo Anda yang muncul getaran terus dengan ponsel dalam kondisi off.

Jika tidak ingin membawanya ke service center, Anda dapat mencoba beberapa langkah perbaikan berikut ini terlebih dulu.

1. Charge ponsel


Silakan coba charging ponsel Anda selama sekitar 1-2 jam. Kemudian silakan lihat apakah ada daya yang masuk.

Jika ada daya yang masuk, maka ini merupakan berita baik untuk Anda karena smartphone Anda berpotensi untuk dipulihkan tanpa harus membawanya ke service center. Setelah baterai ponsel terisi, silakan lakukan factory reset seperti yang dijelaskan diatas.

2. Gunakan charger berbeda

Misalkan pada saat melakukan charging daya tidak bisa masuk, Anda perlu meminjam charger lain agar bisa diketahui apakah memang ada masalah dengan charger-nya.

Seperti dijelaskan sebelumnya, sebaiknya Anda gunakan charger yang asli karena ukurannya sudah disesuaikan dengan spek ponsel Anda.

3. Update firmware


Bisa jadi letak masalahnya adalah firmware yang sudah perlu di update. Silakan update firmware/software smartphone Anda baik langsung melalui ponsel maupun menggunakan komputer.

Anda perlu mencoba opsi perbaikan yang satu ini karena seringkali adanya gejala permasalahan pada ponsel memang disebabkan oleh firmware.

4. Lakukan flashing


Ini merupakan cara terakhir yang bisa Anda coba jika masih belum dapat memulihkan smartphone Anda. Disini saya tidak menjelaskan cara flashing Lenovo namun Anda dapat menemukannya dari sumber lainnya.

Flashing merupakan cara terakhir untuk memulihkan kondisi smartphone, umunya ini akan berhasil namun jika memang ada kerusakan pada hardware ponsel tetap akan bermasalah, jadi perlu mengganti komponen hardware yang bermasalah tersebut.

Penutup


Demikian panduan memperbaiki hp Android mati total dan hanya mengeluarkan getaran saat dihidupkan.

Baca juga:


Semoga ulasan diatas dapat memberikan solusi untuk smartphone Anda, dan semoga masalah yang terjadi pada ponsel Anda tidak disebabkan oleh kondisi hardware yang mengalami kerusakan yang tentunya akan membutuhkan biaya untuk menggantinya.


Next Post Previous Post