Kuota Gratis Kuliah Online, Ini Daftarnya



Sejak pandemi Coronavirus bak akan menghapus penghuni bumi, beberapa operator telekomunikasi di Indonesia pada ramai memberikan paket internet gratis untuk keperluan edukasi dan pekerjaan.

Tak ingin ketinggalan dengan operator telekomunikasi, sejumlah universitas di Indonesia pun memberikan bonus kuota gratis untuk mahasiswa. Kuota gratis ini bisa dimanfaatkan untuk kuliah online.

Apa itu Kuota Gratis Kuliah Online


Kuota Gratis Kuliah Online, Ini Daftarnya
Ilustrasi Kuliah Online

Paket internet gratis diberikan untuk suatu kegunaan (bukan untuk browsing atau internetan berkeperluan umum). Paket kuota gratis kuliah online adalah sebuah kuota gratis yang diperuntukkan kepada mahasiswa dalam rangka untuk menunjang kegiatan kuliah online akibat penyebaran virus Corona.

Kampus yang Memberikan Kuota Gratis


Jika dihitung ada banyak sekali kampus atau universitas di Indonesia. Namun, sejauh ini baru ada beberapa kampus yang menyediakan kuota gratis untuk mahasiswanya.

Baca: Cara Mengubah Kuota Ruangguru ke Reguler

Untuk saat ini, baru ada 4 kampus yang memberikan paket internet gratis untuk kuliah online. Keempat kampus tersebut, yaitu:

  1. Universitas Diponegoro (UNDIP)
  2. Universitas Dian Nuswantoro Semarang (UDINUS)
  3. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY)
  4. Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP)

UMP memberikan bantuan kuota internet gratis sebesar 30GB kepada mahasiswa aktif. Kuota gratis tersebut diberikan untuk memastikan seluruh mahasiswa dapat mengikuti kuliah dan Ujian Tengah Semester (UTS) secara online.

Cara Dapat Kuota Gratis Kuliah Online UMP


Kuota gratis dibagikan khusus bagi pengguna kartu Indosat melalui fitur bebas akses e-learning. Adapun cara mengaktifkan kuota gratis mahasiswa UMP bisa dilakukan melalui kode dial *123*369#.

Untuk UMP, saat ini universitas UMP baru bekerjasama dengan operator Indosat Ooredoo. Namun demikian, pihak kampus masih mengupayakan untuk bisa bekerjasama dengan operator lain.

Baca: Paket Internet Murah XL

Selain kampus, Kemendikbud sebenarnya juga turut menyediakan akses gratis kuliah online untuk mahasiswa. Kemendikbud menggandeng provider telekomunikasi untuk menyediakan akses gratis pembelajaran online bagi mahasiswa.

Sebagaimana diwartakan sejumlah situs berita daring, saat ini telah terkumpul data platform pembelajaran online dari berbagai perguruan tinggi.

Beberapa provider seluler seperti XL dan Telkomsel telah bekerjasama dengan Ditjen Dikti untuk memberikan akses gratis melalui IP khusus perguruan tinggi.

Baca juga: Kode Paket Internet Murah Indosat

Nah, dengan adanya dukungan dari kampus dan pemerintah dalam upaya untuk menunjang kegiatan belajar dengan adanya subsidi internet gratis, hal tersebut diharapkan dapat memberikan nilai manfaat bagi Anda.


Next Post Previous Post