Cara Mengatasi Smartfren Lemot dan Tidak Stabil



Smartfren sejak dulu kala dikenal sebagai operator telekomunikasi yang gencar menawarkan paket internet unlimited. Di era 4G LTE sekarang ini, Smartfren menghadirkan berbagai pilih jenis paket internet yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Namun, apa jadinya jika internet Smartfren lemot?

Selain murah, pengguna jelas menginginkan koneksi internet yang cepat. Sekalipun sudah menggunakan jaringan 4G tapi kalau speed koneksi masih lemot, tentu sama saja dengan bohong. Sebagai pelanggan, Anda tentu tidak semestinya sering dihadapkan dengan kendala internet ngadat, meskipun Anda menggunakan paket unlimited yang diberlakukan ketentuan standar penggunaan wajar atau FUP.

FUP Smartfren mengikuti harga paket, misalkan Anda memilih paket Smartfren 4G unlimited seharga 50 ribu sebulan, maka Anda diberikan kuota harian sebesar 500 MB. Adapun untuk yang seharga 75 ribu dan 100 ribu, masing-masing mendapatkan jatah kuota harian sebesar 1 dan 1.5 GB.

Cara Mengatasi Internet Smartfren Unlimited Lemot


Untuk Anda yang sering menjumpai masalah internet lambat, cara mempercepat koneksi internet Smartfren 4G yang akan saya ulas dibawah ini mungkin dapat memberikan solusi. Untuk mempercepat internet Smartfren ada beberapa kiat yang bisa diterapkan.

Sebelumnya perlu dipahami, bahwa kecepatan akses internet itu ditentukan banyak faktor. Jadi, ada berbagai aspek yang saling memberi andil. Jadi, untuk bisa mengatasi Smartfren lemot, maka Anda perlu memperhatikan berbagai aspek yang menjadi penyebab Smartfren lemot itu sendiri.

1. Pastikan Sinyal Full Bar


Kekuatan sinyal merupakan salah satu aspek penentu utama dibalik cepat atau lambatnya koneksi internet, pastinya tak terkecuali untuk internet Smartfren. Sekalipun Anda memiliki paket kuota yang umumnya lebih cepat katimbang paket unlimited, namun jika cover sinyal buruk maka speed internet pun cenderung lambat atau tidak stabil.

Bagaimana caranya agar sinyal Smartfren cenderung kuat?

Pelajari lokasi atau tempat tinggal Anda. Carilah titik dimana cover sinyal lebih baik, selanjutnya Anda bisa memilih tempat tersebut saat ingin internetan. Ini memang bukan solusi jangka panjang, namun setidaknya hal ini akan memecahkan masalah Anda jika di area tempat tinggal Anda memang sulit mendapatkan sinyal.

2. Aktifkan Mode Pesawat Untuk Sementara Waktu


Anda bisa mencoba mengaktifkan mode pesawat terbang untuk sesaat, lalu matikan kembali. Tujuannya adalah untuk merefresh jaringan. Jika memang tidak ada trouble jaringan, trik ini biasanya memberikan hasil.

Cara mengaktifkan mode pesawat di HP Android sangatlah mudah, jadi saya tidak perlu menjelaskannya disini.

3. Restart Ponsel


Jika cara yang kedua tidak memberikan perbedaan apapun, Anda juga bisa mencoba untuk merestart ponsel Anda. Cara ini bertujuan untuk membuat sistem kembali dalam kondisi yang fresh karena dengan melakukan restart, smartphone akan menutup semua aplikasi yang sebelumnya sempat aktif.

Jika Anda meyakini tidak ada masalah jaringan namun internet lemot terus, bisa dicoba untuk restart terlebih dulu smartphone Anda.

4. Pilih Jaringan 4G LTE Only


Mengapa perlu memilih jaringan 4G saja? Tujuan dari langkah ini adalah untuk memastikan bahwa sinyal yang masuk ke perangkat (smartphone) Anda merupakan sinyal 4G yang secara teori memiliki kecepatan download dan upload lebih tinggi dibanding tipe jaringan dibawahnya.

Anda bisa mengunci sinyal 4G di HP Android milik Anda dengan masuk ke menu Setelan Jaringan atau bisa melalui short code *#*#4636#*#*. (kode ini tidak berlaku pada sebagian tipe smartphone Samsung).

5. Ganti Konfigurasi APN


Salah satu cara untuk mempercepat internet Smartfren unlimited 4G yang juga bisa Anda coba adalah dengan membuat APN baru. Access Point Names atau dalam bahasa Indonesia disebut Nama Titik Akses merupakan sebuah gerbang dimana setiap ISP memiliki APN masing-masing.

Sebelumnya saya sudah posting artikel panduan cara setting APN Smartfren tercepat, silahkan baca artikel tersebut jika Anda ingin mengganti APN Smartfren dengan APN yang menawarkan kecepatan akses internet lebih baik.

6. Periksa Virus di Smartphone Anda


Apakah Anda merasa bahwa performa smartphone Anda sangat lambat atau temperaturnya sangat panas?

Dalam banyak kasus, kecil kemungkinan penyebab internet lemot Smartfren adalah dikarenakan ponsel Anda telah terinfeksi virus atau malware yang membuat kinerja ponsel menjadi terhambat. Namun, Anda tetap perlu memeriksanya.

Silahkan install antivirus Android terbaik melalui Google Play. Disana Anda bisa memilih aplikasi antivirus dan anti-malware terbaik untuk membersihkan virus di ponsel Anda.

7. Batasi Sharing Koneksi Internet


Apakah Anda menjadikan smartphone Anda sebagai hotspot? Jika benar, maka ada baiknya Anda membatasi jumlah penggunanya. Jika Anda sharing koneksi internet hingga sedemikian banyak pengguna, maka sudah barang tentu koneksi menjadi lambat karena harus berbagi bandwidth dengan pengguna lain.

Agar tidak bermasalah di kecepatan koneksi, sepertinya 3-4 orang pengguna merupakan batas sharing koneksi. Namun, hal ini juga ditentukan oleh jenis paket data yang Anda gunakan.

8. Bersihkan Cache Browser


Perlu diketahui bahwa ketika Anda internetan dengan menggunakan web browser tertentu, broweser tersebut akan menyimpan, cookies, cache dan juga riwayat penelusuran Anda. Ini bisa juga menjadi salah satu penyebab internet Smartfren lambat yang juga berlaku untuk operator selain Smartfren.

Jadi, agar cache browser atau aplikasi tidak menghambat kecepatan internet, silahkan bersihkan cache secara berkala, misalkan bersihkan setiap 3 minggu sekali (tergantung intensitas Anda mengakses internet).

9. Aktifkan Fitur Data Saver


Sebagian aplikasi browser seperti Google Chrome telah dilengkapi fitur Data Sever, yaitu sebuah fitur yang berfungsi untuk menghemat data, Jika Anda mengaktifkan fitur ini, bukan hanya bisa menambah kecepatan internet, tapi juga akan menghemat kuota internet Anda.

Saya menyarankan untuk mengaktifkan fitur penghemat data, khususnya bagi Anda yang menggunakan paket unlimited. Selain untuk kecepatan akses, fitur ini juga berguna untuk mengatasi kuota internet cepat habis.

Sering bermasalah dengan speed internet?


Cara Mengatasi Smartfren Lemot

Semoga masukan diatas dapat membantu Anda mengatasi internet Smartfren lambat yang tentunya sangat tidak memberikan kenyamanan, terlebih disaat Anda sedang membutuhkan koneksi berkecepatan tinggi, misalkan untuk live streaming atau download file berukuran besar.

Demikian, semoga berguna dan memberikan solusi dalam mengatasi Smartfren lemot di Android maupun pada perangkat lainnya.


Next Post Previous Post