Cara Mengatasi Kartu SIM Tidak Terbaca



Kartu SIM merupakan sebuah tools yang membuat ponsel dapat difungsikan sebagai alat komunikasi dan internetan. Jika kartu SIM tidak terbaca atau rusak, maka Anda perlu segera melakukan penanganan agar tidak mengganggu kenyamanan Anda.

Ada berbagai hal yang bisa menjadi penyebab kartu SIM tidak terdeteksi di HP, misalnya karena dari sisi fisik sudah mengalami goresan, sempat terkena air, atau karena sudah digunakan cukup lama sehingga memungkinkan terjadinya kerusakan.

Penyebab Kartu SIM Tidak Terbaca


Untuk diketahui, berikut ini adalah beberapa penyebab umum kartu SIM yang mengalami kerusakan atau tidak terdeteksi di HP.

1. Terdapat Cacat Fisik


Pada kartu SIM terdapat kuningan dengan fungsi tertentu. Jika kuningan tersebut tergores atau terkelupas, maka hal ini jelas dapat menyebabkan kartu SIM error.

2. Terkena Air


Kartu SIM yang tidak terdeteksi juga bisa disebabkan air yang sempat mengenai bagian kuningan pada kartu SIM tersebut. Jika demikian, silahkan bersihkan menggunakan kertas kering halus atau tisu.

3. Digunakan Cukup Lama


Biasanya, seiring dengan usia pemakaian yang sudah cukup lama karttu SIM dengan sendirinya mengalami kerusakan yang menyebabkan kartu SIM tidak mengeluarkan sinyal.

4. Temparatur Terlalu Panas


Temparatur yang tidak normal atau terlalu panas juga dapat menyebabkan SIM tidak berfungsi dengan sebagaimana mestinya. Pastikan HP Anda tidak terkendala pada masalah yang satu ini.

5. Belum Diregistrasi Ulang


Pastikan bahwa kartu SIM Anda sudah diregistrasi ulang, karena jika belum maka kartu SIM tersebut tidak akan dapat digunakan secara norma, termasuk tidak memunculkan sinyal, baik itu sinyal 3G maupun 4G LTE.

Cara Mengatasi Kartu SIM Tidak Terbaca


Jika Anda sudah memeriksa beberapa hal seperti disebutkan diatas, dan kartu SIM Anda masih error, berikut ini beberapa cara untuk mengatasi kartu SIM tidak terdeteksi di HP Xiaomi dan semua jenis serta tipe HP, termasuk Android.

1. Pastikan Tidak Ada Kerusakan Fisik


Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengecek kondisi fisik kartu SIM Anda. Jika memang terdapat kerusakan secara fisik, maka Anda perlu menggantinya dengan kartu SIM baru. Dalam hal ini Anda bisa mendatangi gerai atau konter resmi operator terdekat.

2. Periksa Pemasangan SIM


Seringkali masalah kartu SIM tidak memunculkan sinyal akibat pengguna memasangkan SIM kurang pas pada dudukan kartu SIM. Jika hal ini terjadi, maka tentu saja kartu SIM tidak terdeteksi di HP karena pemasangannya yang tidak pas.

3. Bersihkan Konektor SIM


Silahkan bersihkan tempat katu SIM dari debu dan kotoran karena SIM tidak terbaca juga bisa disebabkan oleh debu yang menumpuk ditempat kartu SIM tersebut. Anda bisa membersihkan menggunakan tisu atau kain yang lembut.

4. Restart HP


Untuk memastikan tidak ada masalah pada sistem, silahkan restart HP Anda terlebih dulu. Perhatikan, apakah setelah HP kembali menyala terdapat sinyal yang muncul. Jika belum muncul, lanjutkan ke cara berikutnya.

5. Pindahkan ke Slot Lain


Jika Anda menggunakan smartphone Android, baik itu Samsung, Huawei, vivo atau lainnya, terdapat dua buah slot SIM. Cobalah untuk memindahkan kartu SIM dari slot satu ke slot dua. Jika kemudian works, maka yang bermasalah adalah slot SIM Card satu.

6. Aktifkan Mode Pesawat


Silahkan aktifkan mode pesawat atau airplane mode untuk sementara waktu, kemudian matikan kembali. Tujuan dari ini adalah untuk melakukan refresh jaringan. Amati hasilnya, apakah sudah SIM sudah mengeluarkan sinyal.

7. Masalah Jaringan


Kartu SIM tidak berfungsi tidak melulu karena kartu SIM tersebut sudah rusak, bisa juga karena pada saat itu jaringan sedang mengalami trouble. Jadi, Anda perlu memastikan mengenai hal ini. Untuk mengetahuinya, Anda bisa menelpon operator atau tanyakan ke teman Anda jika menggunakan SIM Card dari operator yang sama.

Kesimpulan


Cara Mengatasi Kartu SIM Tidak Terbaca

Banyak hal yang menyebabkan sebuah kartu SIM rusak, tidak terbaca atau tidak muncul sinyal. Anda perlu melakukan pengecekan terlebih dulu untuk mengetahui masalah yang sesungguhnya.

Baca juga:


Kartu SIM tidak kedetek umum terjadi pada operator apapun, baik itu Indosat, Telkomsel, XL, Tri, maupun Smartfren. Dan Anda tidak perlu panik, cukup lakukan apa yang dirasa perlu.


Next Post Previous Post