Cara Cek IMEI Semua HP (Samsung, Oppo, Vivo, dll)

Cek IMEI HP menjadi sangat penting mengingat pemerintah berencana untuk memblokir ponsel yang nomor EMEI-nya tidak terdaftar dalam databases Kemenperin guna mengatasi peredaran ponsel ilegal yang kian meresahkan masyarakat.

Anda perlu memastikan bahwa smartphone yang Anda gunakan bukan merupakan ponsel cerdas yang dibawa masuk melalui jalur black market (BM). Cara cek IMEI HP pun sangatlah mudah, dan bagi Anda yang belum tahu cara cek IMEI HP, dibawah ini dijelaskan langkah-langkahnya.

Cara Cek IMEI HP Android Semua Merek & Apple iPhone


International Mobile Equipment Identity atau yang disingkat menjadi IMEI bisa dibilang seperti identitasnya sebuah ponsel. Kode unik yang terdiri dari 15-16 digit angka ini menyimpan data-data penting didalamnya.

Umumnya cara cek IMEI di hampir kebanyakan HP Android adalah sama, namun ada juga yang memiliki cara tersendiri untuk mengetahuinya, seperti iPhone dan beberapa tipe Android tertentu.

Untuk mengetahuinya, silakan di simak dulu ulasan selengkapnya dibawah ini.

Cara Cek IMEI HP Android Semua Merek


Terdapat tiga cara yang dapat kamu terapkan secara umum untuk mengecek kode nomor IMEI pada smartphone Android milik Anda, dan berikut diantaranya:

1. Cek IMEI dengan Kode Dial USSD


Cara yang pertama, kamu bisa mengecek IMEI melalui kode USSD yang dimasukkan pada aplikasi Dial di smartphone Android. Langkahnya pun sama seperti saat cek pulsa atau kuota internet.

Kamu tinggal ketikkan kode USSD *#06# pada aplikasi Dial dan secara otomatis akan muncul informasi IMEI seperti pada gambar dibawah ini.

Cara Cek IMEI android

2. Cek IMEI Lewat Menu Settings


Cara kedua, kamu bisa juga mengecek melalui pengaturan pada HP Android untuk mendapatkan informasi yang lebih mendetail.

  • Bukalah Settings pada HP kamu lalu pilih opsi Tentang Ponsel.
    Cara Cek IMEI Semua HP
  • Kemudian pilih opsi Status dan kemudian opsi Informasi IMEI.
    Cara Cek IMEI HP
  • Kamu akan diberikan informasi nomor IMEI, secara lengkap. Jika HP kamu memiliki fitur dual SIM maka akan ada 2 IMEI yang tertera pada layar.
    cara mengetahui imei

3. Cek IMEI dari Fisik Ponsel


Cara nomor tiga, kamu juga bisa mengecek kode IMEI yang biasanya tertera pada bagian bodi HP, baik dapat berupa sticker yang ditempelkan atau yang terpasang langsung pada bodi.

Nah, pada HP Android dengan tipe baterai yang bisa dilepas-pasang (removeable) kamu bisa melihatnya saat melepaskan baterai seperti pada gambar di bawah.

Sebagai contoh, saya menggunakan smartphone Android LG V20.

cara cek imei hp lg

Adapun untuk tipe HP Android dengan baterai non-removeable seperti kebanyakan sekarang, biasanya kode IMEI akan dituliskan langsung pada bodi bagian belakang.

Sebagai contoh, gambar dibawah ini adalah IMEI untuk HP Samsung Galaxy S10+.

Cara Cek IMEI HP Samsung

Cara Cek IMEI HP Xiaomi


Sama seperti sebelumnya, untuk kamu pengguna HP Xiaomi dapat mengecek IMEI melalui menu Settings yang terdapat pada antarmuka MIUI loh. Berikut caranya:

  • Pertama, pergi ke menu Setelan kemudian pilih opsi Tentang Ponsel.
    Cara Cek IMEI HP Xiaomi 1
  • Pada opsi Tentang Ponsel selanjutnya kamu tinggal scroll ke bagian bawah kemudian pilih Status.
    Cara Cek IMEI HP Xiaomi 2
  • Selanjutnya untuk mengetahui nomor IMEI pada HP Xiaomi, kamu tinggal pergi ke opsi Informasi IMEI.
    Cara Cek IMEI HP Xiaomi 3
  • oila! Sekarang kamu akan diberikan informasi IMEI Xiaomi seperti pada gambar di bawah ini. Kamu akan mendapatkan dua buah nomor IMEI, karena HP ini memiliki dua buah slot SIM.
    Cara Cek IMEI HP Xiaomi 4
Nah, langkah ini juga berlaku untuk HP Android Tiongkok lainnya, seperti Huawei, Honor, HTC, dan lainnya. Jangan lupa cek daftar HP Xiaomi terbaru biar nggak ketipu barang KW.

Cara Cek IMEI HP vivo


vivo bisa dibilang menjadi salah satu merek HP populer di Indonesia. Makanya nggak heran kalau banyak juga yang mencari informasi cara cek IMEI HP vivo loh. Berikut ini caranya:

  • Sama seperti sebelumnya, kamu tinggal pergi ke menu Settings kemudian scroll ke bawah hingga menemukan opsi More Settings.
    cara cek imei vivo 1
  • Kemudian kamu tinggal pilih lagi menu About Phone untuk mengetahui info ponsel.
    cara cek imei vivo 2
  • Nah, sekarang kamu bisa mengetahui tipe HP vivo beserta dua buah nomor IMEI yang terdapat pada perangkatmu. Mudah, bukan?
    cara cek imei vivo 3
Metode yang dapat kamu lakukan lewat tiga langkah ini bisa kamu terapkan pada hampir keseluruhan HP vivo terbaru yang beredar saat ini.

Cara Cek IMEI HP Oppo


Selanjutnya datang dari saudara vivo dari China, apalagi kalau bukan Oppo. Di sini kamu juga bisa mengecek IMEI HP Oppo melalui menu Settings dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Buka menu Settings pada HP Oppo kamu, lalu pilih opsi About Phone.
    Cara Cek IMEI HP Oppo 1
  • Lalu geser layar HP kamu ke bawah hingga ke ujung dan pilih lagi opsi Status.
    Cara Cek IMEI HP Oppo 2
  • Kamu akan diberikan seluruh informasi tentang HP kamu termasuk nomor IMEI.
    Cara Cek IMEI HP Oppo 3
  • Cara ini cukup umum mirip dengan langkah untuk cek IMEI Xiaomi atau merek Tiongkok lainnya. Kamu juga dapat mengetahui IMEI Oppo melalui dial dengan kode *#06#.

Jangan lupa cek nomor IMEI kamu! Jangan sampai kamu dijanjikan HP Oppo dengan harga resmi, tapi kualitas KW.

Cara Cek IMEI HP iPhone


Dan bagi kamu pengguna perangkat berbasis iOS seperti iPhone kamu dapat mengetahui nomor IMEI pada menu Settings dengan langkah-langkah seperti berikut:

  • Buka Settings pada perangkat iPhone kamu dan pilih opsi General.
    Cara Cek IMEI HP iPhone 1
  • Selanjutnya pilih opsi About.
    Cara Cek IMEI HP iPhone 2
  • Geser layar ke bawah dan nomor IMEI kamu akan tertera di kolom IMEI.
    Cara Cek IMEI HP iPhone 3
Nah, ternyata cara cek IMEI di iPhone sangatlah mudah. Selain menggunakan cara diatas, beberapa nomor IMEI iPhone juga dapat kamu lihat pada bagian bodi belakang HP.

Penutup


Mengecek IMEI HP tidaklah sulit, baik untuk perangkat berbasis Android maupun iOS. Dan untuk memastikan bahwa ponsel Anda bukanglah ponsel ilegal, saya sarankan kamu untuk mengecek nomor IMEI lalu cek juga di website Kemenperin untuk memastikan HP tersebut terdaftar dalam database Kemenperin yang mana jika terdaftar maka itu artinya HP Anda 100% legal dan aman.





0 comments