Cara Buka Google Maps Tanpa Data (Offline)



Google Maps merupakan aplikasi yang sangat berguna bagi banyak orang. Dengan aplikasi ini, kita akan dipandu untuk menuju ke suatu lokasi yang sebelumnya sama sekali tidak kita ketahui. Langkah-langkahnya pun sangatlah mudah.

Namun, untuk menggunakan Google Maps dibutuhkan koneksi internet. Jika handphone Anda sedang tidak memiliki data aktif, maka membuka aplikasi Google Maps bisa menjadi terkendala. Untungnya, ada trik membuka Google Maps tanpa koneksi internet alias tanpa perlu menggunakan data.


Cara Buka Google Maps Secara Offline


Sekarang Anda bisa menggunakan Google Maps meskipun tanpa koneksi internet. Kabar ini tentu sangat menggembarikan bagi Anda pengguna aktif aplikasi milik Google Inc ini.

Fitur ini sangat menguntungkan untuk Anda yang suka jalan-jalan di daerah pegunungan atau daerah yang memang masih susah koneksi internet.

Cara Buka Google Maps Tanpa Data di Android


Untuk menggunakan Google Maps secara offline atau tanpa data, Anda perlu mendownload terlebih dahulu area peta yang ingin Anda gunakan secara offline.

Langkah-langkahnya sebagai berikut :

Saya yakin smartphone Anda pasti sudah terinstal google maps, tapi pertanyaanya apakah google maps tersebut sudah di update ke versi terbaru?

Kalau belum, update dulu di playstore. Karena google maps versi lama belum ada fitur offline nya.

Buka aplikasi Google Maps di hp Android Anda.

Klik menu yang ada di sebelah kiri atas, lalu pilih Area offline.


Ber klik tanda plus yang ada di kanan bawah. Akan muncul peringatan untuk mengunduh area tersebut lewat WI-FI. Jika sobat ingin mendownload peta tersebut menggunakan data ponsel tinggal klik "UNDUH SEKARANG" .

google maps offline

Sampai disini Anda bisa memilih area yang Anda suka, atau bisa juga download area yang biasa Anda kunjungi.

Apabila sudah memilih area, selanjutnya silakan klik "UNDUH" yang ada di sebelah kanan bawah lalu beri nama area offline tersebut kemudian klik "SIMPAN".

google maps offline

Tunggu sampai proses download selesai dan Anda sudah bisa menggunakan Google Maps yang di download tadi secara offline.

Mohon diingat! Hanya area maps yang sudah di download saja yang bisa Anda gunakan secara offline, artinya untuk yang belum di download tetap tidak bisa.

Adapun untuk fungsinya, Google Maps Offline memiliki fungsi yang sama dengan maps yang digunakan saat terhubung ke internet.


Next Post Previous Post