Penyebab Kuota Internet Cepat Habis Padahal Tidak Dipakai



Sebagai pengguna smartphone dan telah berlangganan paket internet, Anda mungkin pernah menjumpai sebuah kejadian yang kurang mengenakkan sekaligus sangat merugikan Anda. Ya, ada kalanya kuota internet kita serasa cepat sekali habisnya padahal penggunaan kita terbilang wajar. Tidak main-main, kuota yang termakan bisa mencapai gigabytes.

Sebenarnya ada beberapa hal yang bisa menjadi penyebab kuota internet cepat habis, baik itu dialami oleh pengguna XL, Indosat Ooredoo, Telkomsel, Tri, maupun Smartfren. Sebelum mencurigai ini-itu, ada baiknya Anda pahami dulu beberapa hal yang bisa menyebakan kartu SIM Anda boros kuota.

Penyebab Kuota Internet Cepat Habis


Entah apapun kartu provider yang anda pakai. Baik itu telkomsel (simpati loop), xl, axis, 3, indosat ooredoo, dan sebagainya. Dan apapun merk hp android yang anda pakai. Misalnya seperti xiaomi, samsung, sony, asus, lenovo, dan sebagainya. Asalkan anda ceroboh di dalam menggunakan hp android. Pastilah anda akan mengalami yang namanya kehabisan kuota internet.

Dan berikut ini adalah beberapa penyebab habisnya atau hilangnya paketan data internet anda, walaupun sama sekali tidak dipakai untuk internetan.

1. Terdapat aplikasi yang terkoneksi ke internet secara otomatis


Aplikasi, game, software di android. Ada yang pengaturannya otomatis update dan terkoneksi ke internet. Sehingga aplikasi yang bertipe seperti ini. Selalu saja terconnect ke jaringan internet. Parahnya, jika ada updetan terbaru. Ada saja beberapa aplikasi yang langsung mengupdate, dan mendownload data dari internet. Hal inilah yang menyebabkan terkuras habisnya kuota internet anda.

2. Terdapat proses sinkronisasi yang terus berjalan


Jika anda tidak mematikan jaringan internet di saat anda tidak sedang berinternetan. Semua aplikasi yang membutuhkan update dan sinkronisasi otomatis. Sebut saja seperti pembaruan google play, akun google, app chat dan sosmed. Misalnya seperti wa, fb, twitter, line, ig, dll. Kesemua aplikasi tersebut otomatis mengupdate data atau pemberitahuan yang terbaru pada app yang telah anda install.

Hal yang demikian itulah yang membuat, kuota internet anda terbuang percuma. Walaupun anda tidak sedang berinternetan.

3. Terdapat aplikasi yang membutuhkan koneksi internet


Mungkin di waktu anda mau tidur. Anda tidak sengaja memencet aplikasi di gadget atau hp anda. Kebetulan aplikasi tersebut sedang ada update besar-besaran. Misalnya update data game online.

Maka diwaktu bangun tidurpun anda akan kebingungan. Karena hp anda sudah mati karena baterainya drop. Dan ketika dinyalakan, dan anda ngecek kuota. Ternyata kuota internet anda tinggal sedikit, atau yang terparah malah habis tak bersisa.

4. Layanan gps dan map dalam kondisi aktif


Aplikasi Gps dan map yang ada di hp android. Membutuhkan koneksi internet untuk mendownload dan menampilkan data terbaru seputar peta atau lokasi anda sekarang.

Jadi jangan heran jika kuota internet anda terus berkurang. Padahal anda sama sekali tidak berinternetan.

Lihat juga:



5. Ada masalah jaringan di pihak operator


Terkadang jika provider atau operator seluler sedang ada masalah atau perbaikan. Maka disaat mengecek sisa kuota internet atau sisa pulsa, seringkali mengalami error. Sehingga terkadang pulsa dan kuota internet nampak habis tak bersisa.

Namun, setelah beberapa saat. Anda mengecek sisa kuota dan pulsa kembali. Maka jumlah pulsa atau kuota internet masih banyak dan normal seperti biasanya.

Demikian tadi beberapa hal yang bisa menjadi penyebab habisnya kuota internet padahal tidak dipakai secara berlebihan.

kuota internet

Sementara itu, untuk di komputer atau laptop. Jika anda tidak sedang browsing atau beraktivitas yang membutuhkan koneksi internet lainnya. Namun. Kuota internet anda kok bisa tersedot begitu saja. Patut dicurigai jika komputer atau laptop anda terserang virus atau malware, terdapat aplikasi yang melakukan update otomatis, atau Windows melakukan update secara terjadwal.


Next Post Previous Post